jump to navigation

Mengenal mesin 4 tak October 12, 2012

Posted by ridwanteknik87 in Uncategorized.
trackback

 

Pembaca sekalian, kali ini saya akan menjelaskan tentang mesin yang setiap hari pasti kita jumpai, bahkan kita pakai, yaitu mesin yang dikenal dengan siklus 4 langkah atau dengan nama bekennya mesin 4 tak. Mesin ini memiliki karakter yang halus dan terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya, sehingga sangat diminati masyarakat Indonesia. Mesin 4 tak juga memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Dari konstruksinya mesin 4 tak memiliki beberapa bagian penting guna mendukung terjadinya suatu siklus sempurna hingga mesin itu dapat berputar. Bagian-bagian tersebut meliputi : bak poros engkol (crank case), blok silinder (cylinder block), dan   kepala silinder (cylinder head).

Pada bagian crank case terdapat poros engkol yang berfungsi untuk merubah gerak translasi dari piston ke gerak rotasi, kemudian pada bagian cylinder block terdapat piston (torak) yg befungsi sebagai penyekat silinder dan sekaligus mentransmisikan tekanan gas hasil pembakaran ke crankshaft dan connecting rod (setang) berfungsi untuk menyalurkan tenaga hasil pembakaran dari piston ke crankshaft, sedangkan pada cylinder head terdapat  komponen yang berbeda dengan mesin 2 tak yaitu katup (valve), terdapat 2 macam katup pada cylinder head yaitu katup in dan ex yang dari keduanya mempunyai peran masing-masing. Katup in untuk pintu masuk dari campuran bahan bakar dan udara menuju ke ruang bakar sedangkan katup ex untuk pintu keluar dari gas hasil pembakaran. kemudian pada cylinder head terdapat noken as (camshaft) dan pelatuk katup (rocker arm).

Siklus Kerja Sistem Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak bekerja dua kali putaran poros engkol dan 4 kali gerakkan piston turun naik dari titik mati atas (TMA/TDC) menuju titik mati bawah (TMB/BDC) menghasilkan 1 kali langkah usaha, berikut siklusnya :

1. Langkah hisap

Pada langkah ini piston bergerak kebawah yaitu dari TMA menuju TMB, dan katup in membuka sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat masuk ke dalam ruang bakar.

2. Langkah kompresi

Piston akan bergerak dari TMB menuju ke TMA (naik), dan posisi ke dua katup menutup sehingga terjadi pengkompresian campuran bahan bakar dan udara oleh piston, dan pada langkah ini percikan bunga api dari busi menyala, sehingga di langkah ini pula terjasi pembakaran.

3. Langkah usaha

Ini merupakan langkah terpenting suatu mesin bakar untuk menimbulkan suatu putaran, pada langkah ini dari hasil pembakaran tadi menimbulkan suatu tekanan pada piston ke bawah dari TMA ke TMB, dan gerakkan ini akan dikonversikan oleh poros engkol menjadi gerakan putaran.

4. Langkah buang

Setelah terjadi pembakaran dan mengakibatkan langkah usaha, menimbulkan gas sisa hasil pembakaran, dan pada langkah ini piston bergerak ke atas yaitu dari TMB ke TMA dan posisi katup ex terbuka, sehingga piston akan mendorong gas keluar melalui exhaust manifold dan keluar melalui muffler atau knalpot.

Nah… dari pemaparan diatas sudah cukup jelas tentang apa itu mesin 4 tak, masih banyak ilmu tentang mesin 4 tak lainya yg tak kalah menarik, tapi bersambung dulu ya….nanti kita lanjut lagi lain kali….Silahkan disimak…semoga bermanfaat.

Silahkan berikan kritik dan sarannya demi perkembangan Blog ini.

Terimakasih

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment